Kepemimpinan, Keterampilan Menghadapi Orang

Seorang pemimpin yang produktif agar orang-orang melakukan pekerjaan mereka dengan berbagai keterampilan dan komitmen yang diperlukan untuk menghasilkan hasil terbaik. Ini semua dilakukan dengan pengerahan waktu, uang, dan sumberdaya serendah mungkin.

Keterampilan menghadapi orang merupakan istilah yang membawahi empat jenis keterampilan yang terkait :

  1. Menilai keterampilan.,Kepemimpinan produktif menuntut adanya kemampuan untuk a) mengganti apa yang orang kerjakan dalam situasi kerja se-objektif mungkin yang anda bisa, dan b) memahami mengapa mereka melakukannya sehingga anda bisa mengerti apa yang anda lihat. Pada gilirannya, ini membantu anda untuk berinteraksi secara efektif dengan orang lain dengan memilih tindakan yang tepat dari sejumlah besar tindakan yang mungkin anda ambil.
  2. Keterampilan Berkomunikasi. Menilai hanyalah awal. Begitu anda telah mendiagnosa perilaku anda dan orang lain, anda harus merancang suatu strategi komunikasi untuk memahami apa yang sedang dipikirakan oleh orang lain dan menyampaikan ide-ide anda. Kemampuan untuk bertukar ide sangat penting dalam pemecahan masalah yang produktif dan pengambilan keputusan. Keduanya juga penting untuk kepemimpinan yang produktif.
  3. Keterampilan Memotivasi. Untuk membuat orang bekerja secara produktif, dibutuhkan lebih dari sekedar komunikasi. Mereka membutuhkan motivasi – penciptaan suatu keadaan dimana orang melakukan apa yang mereka mampu lakukan karena mereka memiliki alasan yang menarik untuk berbuat demikian.
  4. Keterampilan Penyesuaian. Para pemimpin produktif berhubungan dengan orang lain sebgai individu yang unik. Mereka tidak menghadapi setiap orang dengan cara yang sama. Mereka mambeda-bedakan teknik komunikasi dan motivasi untuk memenuhi kebutuhan orang lain.

Karena itu pemimpin yang paling efektif adalah orang yang kreatif. Mereka membentuk tindakan agar sesuai dengan individu yang menjadi sasaran tindakan tersebut.

Jadi, bersama dengan berbagai keterampilan teknis yang penting (pengelolaan, pemasaran, produksi, dan sebagainya) dan keterampilan administratif (perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan sebaginya), ini lah berbagai keterampilan menangani orang yang penting bagi kepemimpinan produktif.

Kepemimpinan 360°

Alasan mengapa keterampilan menghadapi orang begitu penting adalah bahwa keterampilan tersebut membantu anda bekerja dengan lebih prduktif bersama orang lain pada tingkat apa pun dalam organisasi. Dengan keterampilan mengahdapi orang, anda bisa menjadi pemimpin 360°.

Bagaimanapun, kepemimpinan tidak selalu dari atas ke bawah. Orang yang menjadi rekan kerja anda untuk mencapai berbagai hal, tidak selalu anak buah anda. Mereka bisa juga atasan dan rekan kerja anda. Untuk bekerja secara produktif, anda harus mampu mengambil tindakan secara efektif di semua tingkatan. Keterampilan menghadapi orang bisa membantu. Dengan cara sebagai berikut :

  1. Memimpin anak buah. Dengan keterampilan menghadapi orang anda bisa bekerja lebih baik dalm mengambangkan, membina, dan memotivasi anak buah. Mungkin yang paling penting adalah, keterampilan menghadapi orang akan membantu anda menangani berbagai karyawan dengan baik. Anda mungkin harus menghadapi orang yang suka memaksa sampai sampai orang yang takut-takut, orang yang sistematis sampai yang tidak rapi, dan orang yang sombong sampai orang yang mudah gelisah. Pekerjaan anda adalah, tentu saja, membantu mereka untuk mencapai hasil optimal. Anda membutuhkan keterampilan menghadapi orang yang cocok untuk perilaku apa pun, dan di situasi apa pun.
  2. Bekerja sama dengan rekan kerja. Dengan keterampilan menghadapi orang, anda bisa mengatur usaha anda dengan usaha rekan kerja anda. Sekali lagi, yang penting adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan semua tipe orang, dari rekan kerja yang mudah bergaul dan kooperatif sampai orang yang suka bersaing dan cenderung bertengkar.
  3. Bekerja dengan atasan. Akhirnya, keterampilan menghadapi orang akan membantu anda melakukan pekerjaan yang kebih baik dalam menyesuaikan usaha anda dengan berbagai usaha atasan anda. Entah ia seorang dogmatis yang mengetahui semua jawaban, seseorang penyendiri yang menjaga jarak dengan orang lain, “seorang baik” yang menolak mengambil alih sesuatu, atau atasan jenis lainnya, anda akan lebih mudah menghadapinya jika anda menggunakan keterampilan menghadapi orang, seperti orang lainnya, atasan bisa diatur bila anda tahu caranya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s