Tinjauan Pemasaran Usaha Kecil

Inti dari pemasaran adalah memahami apa yang dibutuhkan atau diinginkan pelanggan Anda dan mengembangkan sebuah perencanaan yang melingkupi kebutuhan dan keinginan tersebut. Mari kita mencoba melakukannya. Seseorang yang mempunyai sebuah bisnis atau usaha, pasti berkeinginan untuk mengembangkan usahanya. Cara yang paling efektif untuk mengembangkan dan memperluas jaringan bisnis atau usaha adalah dengan berfokus pada pertumbuhan bisnis milik sendiri.

Anda dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda sendiri melalui empat langkah. Diantaranya:

  • Meningkatkan jumlah pelanggan Anda
  • Membujuk setiap pelanggan untuk membeli lebih banyak produk Anda.
  • Membujuk setiap pelanggan untuk membeli lebih banyak produk yang mahal Membujuk setiap pelanggan untuk membeli lebih banyak produk yang lebih menguntungkan Anda.

Keempat langkah di atas akan meningkatkan pendapatan dan keuntungan Anda. Saya akan mengajak anda untuk fokus pada langkah pertama, yaitu meningkatkan jumlah pelanggan. Mengapa demikian? Karena dengan menambah jumlah pelanggan, Anda telah meningkatkan jumlah pelanggan utama dan pendapatan Anda dari pelanggan-pelanggan lainnya.

Bagaimana sistem pemasaran akan meningkatkan jumlah pelanggan Anda?

  • Luangkan waktu Anda untuk melakukan penelitian dan menciptakan strategi pemasaran.
  • Arahkan pengembangan produk Anda untuk menjangkau pelanggan yang bukan target Anda saat ini.
  • Berilah pelayanan dan harga bersaing pada produk Anda.
  • Kembangkan kalimat pemasaran dan materi-materi Anda berdasarkan solusi pemasaran.

Pentingnya sebuah Target Pasar dalam bisnis atau usaha kecil.

Ketika tiba pada masalah pelanggan, ingat baik-baik pentingnya target pasar. Alasan mengapa target pasar sangat penting adalah karena kecenderungan orang-orang untuk berbelanja dan menggunakan layanan jasa. Dengan meluangkan waktu untuk menempatkan tenaga penjualan dan pemasaran Anda pada segmen pasar yang tepat, akan membuat usaha dan waktu Anda menjadi lebih produktif.

Satu lagi, hal ini akan menjauhkan Anda dari membuang-buang uang dan waktu yang sangat berharga.

Pemasaran Bisnis Kecil sangat Berbeda dengan Pemasaran Bisnis yang sudah Besar

Jika Anda termasuk dalam sebagian besar pemilik bisnis atau usaha kecil, biaya marketing Anda akan terbatas. Cara yang paling efektif untuk memasarkan bisnis kecil adalah dengan menciptakan sebuah program yang terorganisir dengan baik yang mengkombinasikan aktivitas menjual dengan taktik pemasaran. Aktivitas menjual Anda tidak akan hanya dapat mengurangi biaya marketing, tapi juga dapat menambah nilai interaksi dengan klien dan pelanggan atau prospek Anda. Dengan adanya interaksi ini, secara tidak langsung Anda sudah melakukan riset atau penelitian yang tidak ternilai.

Pada umumnya, bisnis-bisnis kecil mempunyai anggaran marketing yang terbatas atau bahkan tidak sama sekali. Apakah ini berarti Anda tidak dapat mengembangkan bisnis Anda? Tentu saja tidak. Anda hanya harus sedikit berpikir kreatif. Anda bisa mencoba menerapkan kegiatan marketing anda dengan salah satu cara yang ada di bawah ini:

  • Undang para pedagang atau rekan-rekan Anda, dan minta mereka ikut berpartisipasi dalam co-op periklanan.
  • Pernahkah Anda berpikir untuk memperkenalkan diri anda ke media? Publisitas secara gratis sangat potensial untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda telah memposisikan diri Anda seperti seorang yang berpengalaman di bidangnya.
  • Undang orang-orang untuk datang ke lokasi anda dengan menumpang sebuah event. Apabila ada sebuah konser di kota Anda, bersediakah Anda menjual tiket-tiketnya? Ini berarti, Anda akan mendapatkan kesempatan publisitas atas diri Anda secara gratis melalui radio. Namun jika ini bukanlah sesuatu yang sesuai dengan diri Anda, Anda dapat memberikan pelayanan pengobatan atau semacamnya dan menjual produk mereka langsung ke rumah-rumah, sehingga mereka akan mengenal Anda, yang kemudian akan memudahkan Anda menjual produk Anda sendiri karena Anda sudah dikenal.

Apabila Anda benar-benar mengeluarkan biaya untuk pemasaran, jangan lupa untuk menciptakan sebuah sistem untuk tenaga-tenaga pemasaran Anda. Anda dapat melakukannya dengan mempercantik bahasa iklan Anda, memanfaatkan nomor telepon bebas pulsa, dan menanyakan dimana calon target pembeli mengetahui tentang Anda. Beberapa hal ini akan membuat Anda mengetahui kapan strategi marketing Anda sudah tidak dapat digunakan lagi, dan dengan demikian Anda dapat menggantinya dengan strategi baru yang lebih baik.

Memulai untuk memasarkan bisnis atau usaha kecil

Jika Anda giat dalam pemasaran produk Anda, dan menciptakan strategi sederhana seperti menempatkan diri Anda sebagai orang yang bertanggung jawab untuk menghubungi sepuluh atau pelanggan yang potensial setiap harinya selama lima hari setiap minggunya, Anda akan melihat bisnis atau usaha Anda tumbuh pada angka yang luar biasa. Dan yang terpenting, Anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya untuk itu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s